Easiest Way to Make Yummy Rujak Cingur rumahan

Rujak Cingur rumahan. Rujak Cingur, Rujak cingur enak lainnya! Rujak Cingur, Rujak cingur enak lainnya! Resep Rujak Cingur Surabaya Enak - Rujak cingur adalah salah satu makanan tradisional yang paling populer di daerah Jawa. khususnya di kota Surabaya daerah Jawa Timur. dalam bahasa jawa kata cingur ini memiliki arti mulut. cingur ini merupakan salah satu ciri khas pada bahan irisan mulut atau moncong sapi yang direbus dan dicampurkan ke dalam sebuah hidangan rujak.

Rujak Cingur rumahan Namanya yang unik diambil dari kata cingur, yang artinya adalah mulut. Rujak cingur ini sangat khas dengan sajian rujak yang diberi irisan mulut atau moncong sapi yang direbus. Lihat juga resep Rujak Cingur enak lainnya! You can have Rujak Cingur rumahan using 18 ingredients and 3 steps. Here is how you achieve it.

Ingredients of Rujak Cingur rumahan

  1. You need of Bumbu kacang :.
  2. Prepare 4 SDM of kacang tanah yang sudah digoreng.
  3. Prepare 1/2 SDT of gula merah.
  4. It's 5 iris of pisang klutuk.
  5. You need 2 SDM of petis.
  6. Prepare 1/2 SDT of garam.
  7. It's 1 potong kecil of terasi.
  8. It's 2 siung of bawang putih, goreng.
  9. You need 10 of cabe rawit.
  10. It's Secukupnya of air asam jawa.
  11. It's of bahan pelengkap:.
  12. It's Secukupnya of tahu potong potong, marinasi kemudian goreng.
  13. You need 1 papan of tempe,potong potong,marinasi, kemudian goreng.
  14. You need 1 buah of kentang rebus, potong-potong sesuai selera.
  15. It's of Cingur sapi, rebus dg bawang putih,kunyit, daun salam,garam.
  16. You need Secukupnya of tauge siram air panas.
  17. You need Secukupnya of kubis potong potong dan sedu dengan air panas.
  18. It's 1 buah of krai rebus.

Porsinya lebih sedikit dibanding kedua rujak cingur lainnya. Sausnya berwarna cokelat muda dengan petis yang lumayan nonjok. Di lidah, rasanya agak pahit dan pedas. Rasa cingur di sini adalah rumahan yang memang sederhana tapi bikin nagih.

Rujak Cingur rumahan step by step

  1. Untuk membuat bumbu kacang: masukkan potongan irisan pisang klutuk, kacang goreng, Gula merah, garam gula, terasi, petis, bawang putih yang sudah digoreng, dan cabe rawit. Tambahkan air asam jawa kemudian kita haluskan.
  2. Siapkan minyak panas, goreng tahu dan tempe. Kita rebus juga Krai, tauge, kangkung, kentang yang akan digunakan untuk bahan pelengkap.. rebus juga cingur sapi dengan tambahan bumbu yg saya tulis diatas..
  3. Angkat tempe dan tahu jika sudah matang. Angkat juga bahan sayuran pelengkap Jika cingur sudah empuk kita angkat juga. Tiriskan. Tata di atas piring sajian, sayur, bahan pelengkap lainnya, taruh cingurr diatasnya kemudian siram dengan bumbu kacang yang sudah kita buat tadi sajikan.

Perpaduan bumbu kacang yang diberikan akan memberikan paduan gurih pedas dan sedikit manis. Selain rujak cingurnya, ada kuliner Surabaya lain yang cocok untuk dicoba, yakni rawon. Terutama rujak buah pasti banyak yang menyukainya karena terdapat aneka jenis buah - buahan didalamnya. Hal inilah yang menjadi daya tarik tersendiri untuk makanan rujak. Pada lingkungan usaha yang masih belum terdapat warung rujak rumahan, pasti peluang besar untuk membuka usaha sederhana ini dapat membidik konsumen yang luas.

Komentar